CO.CC:Free Domain

Aku cinta bahasa Indonesia

Diposting oleh Yora | 19.12 | | 4 komentar »

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang resmi di gunakan di Negara Kesatuan Republik Indonesia(ceilah... serius banget,!!!) Dibandingkan dengan bahasa negara lain, bahasa Indonesia memiliki karakteristik tersendiri dalam pengucapan dan pelafalannya.


Yups guys seperti yang kita tahu, perjuangan para pahlawan Indonesia untuk merebut negara ini bukan suatu yang mudah. kita sebagai generasi muda harus tanggap dan menghargai bahasa kita sendiri. Banyak lho orang-orang Inggris, Perancis dan negara-negara lainnya yang mau jauh-jauh datang ke Negara kita untuk mempelajari bahasa Indonesia.


Dan menurut hasil penyelidikan, pencatatan, dan pengamatan(wuih.... kayak mau Sensus aja, hehehehe) ternyata bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah dalam penggunannya. Maksudnya bahasa Indonesia gampang untuk dipelajari. coba kmu bandingin dengan bahasa Inggris dan bahasa jawa. Bahasa Inggris memiliki bentuk pertama, kedua, dan ketiga dalam setiap katanya. Contohnya sleep, bentuk keduanya slept, dan bentuk ketiganya slept. Nah sedangkan bahasa Jawa, memiliki tiga kata, yang dikategorikan sebagai boso ngoko, ngoko alus, ngoko lugu, krama, dan krama inggil. Dalam penggunaannya, boso ngoko(boso ngoko alus dan boso ngoko lugu juga termasuk) digunakan untuk berbicara dengan teman sebaya. Dan untuk boso krama dan krama Inggil digunakan untuk bicara dari orang muda kepada orang tua.


wuih.... ribet ya kedua bahasa di atas. masih gak percaya bahasa indonesia itu gampang??? coba baca dan bandingkan contoh di bawah ini :



Bahasa Indonesia
Tiga nenek sihir melihat tiga buah arloji merk swatch. Nenek sihir mana melihat pada arloji swatch yabg mana??


Bahasa Inggris :
there witches watch three swatch watchess. Wich witch watch wich swatch watch??


Gimana susah kan?? bahasa jawa juga gak kalah susahnya sama bahasa Inggris, nih, lihat contohnya :



Bahasa Indonesia :
Ketika saya kelas dua, pembantu saya grosiran kalung dan (jualan) kolak dari (buah) kolang kaling (sebanyak) dua kilo di seberang sungai gitu lho ....!!


Bahasa Jawa (kawi) :
Kolo kulo kelas kalih, kuli kulo kulak kalung kalian kolak kolang kailing kalih kilo kulon kali... kae lo !!!



Gimana???? Susah kan??? memang kita harus mensyukuri apa yang Tuhan berikan sama kita, kita dilahirkan di negara Indonesia ini, kalau kita gak tinggal di negara ini, coba bayangin dech gimana caranya kita ketemu tulisan diatas dan kita diwajibkan untuk membacanya...??? gimana gak kebayang kan???hahahaha

Semoga kita bisa lebih menghargai dan tdak meremehkan bahasa Indonesia, karena sebagai warga negara Indonesia kita harus bisa berbicara bahasa Indonesia dengan baik dan benar, HIDUP INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!!

4 komentar

  1. Anonim // 23 Februari 2009 pukul 05.59  

    jujur baca tulisannya saya tertawa sekaligus bangga (bingung ga?)... boso jowo dan english language ternyata sama2 bikin keblibet (opo iki?) :)

  2. Linda // 23 Februari 2009 pukul 06.39  

    hahahahaha.....bisa aja niy....^^

  3. Anonim // 23 Februari 2009 pukul 07.04  

    hahahah tapi saya sering pake boso jowo, bahasa ibu saya soale..
    tapi sering pake boso ngoko.. uenak, ngoko suroboyoan.. tambah asik :D

  4. hsd // 24 Februari 2009 pukul 18.33  

    wah... guru bahasa nih ... :D