CO.CC:Free Domain

Cara Awet Berteman

Diposting oleh Yora | 07.07 | 2 komentar »

Paling asyik punya banyak temen dan disukai banyak orang. Tapi untuk menjaga pertemanan dan persahabatan kita awet di sepanjang waktu memang membutuhkan cara tersendiri. karena persahabatan itu nggk bisa di beli dengan apapun juga (alah.... kebagusan tuh....hehehe) Kepingin donk memilikinya?? Cobain dech langkah langkah praktis berikut ini!!


Jadilah Pendengar Yang Baik

Saat teman ato sohib membutuhkan teman curhat, jangan malas buat memberi telinga. adakalanya lho.. mereka nggak membutuhkan jalan keluar dari kamu, tapi cukup hanya mendengarkan segala keluhan, pikiran, atau isi hati mereka yang tumpahin. Kalaupun kamu mau memberi nasehat, boleh-boleh aja, tapi ingat, jangan bersikap menggurui atau menghakimi yach... Berikan perlahan lahan sampai teman kamu mendengarkannya.


Setiap Orang Punya Pribadi yang Unik Dan Khas

Cobalah mengerti gimana karakter teman atau sahabatmu. Hormatilah pendapatnya. Hargai setiap perbedaan yang ada diantara kalian sebagai kekayaan untuk semakin mengembangkan diri masing-masing. Yakin dech, selalu ada jalan keluar yang bisa ditempuh untuk mengatasi setiap perbedaan yang ada selama kamu dan temanmu mau dan saling mengerti dan menghomati.


Pelihara Kepercayaan, Dong

Jangan sekali-kali kamu mengobrol ato mengumbar rahasia teman kamu pada orang lain. Jagalah kepercayaan yang telah diberikan teman padamu. Ingat, sekali kepercayaan hilang susah untuk mendapatkannya kembali.


Ayo Beri Dukungan!

Berikanlah dukungan jikalau temanmu membutuhkan. Pujilah kalau memang ia layak mendapatkan pujian, misalnya saat ia memenangkan suatu lomba, kesampingkan kesalahan dan kelemahannya.

Buang Jauh-jauh Iri Hati

Jadikan kebahagiaannya menjadi kebahagiaanmu juga. ikutlah bersukacita denagn keberhasilan yang temanmu raih.


Luangkan Waktu Yuks!

Intensitas pertemuan sekalipun bukan sebagai penentu awetnya persahabatan, tapi nggak bisa juga diabaikan. tetap perlu meluangkan waktu melakukan kegiatan bersama.


Jangan Terlalu Bergantung, Yach.

Berikan pertolongan secukupnyajangan berlebihan. Ini demi menghindari sikap saling kebergantungan yang mendalam yang justru akan memberi kesempatan untuk masing-masing mengembangkan diri. Mundurlah sedikit jika kamu sudah merasa terlalu "dekat." Sebaliknya mendekatlah jika hubungan kalian mulai agak renggang. Intinya, kadang diperlukan waktu untuk sendiri alias nggak selalu bersama dalam setiap waktu dan kesempaan.


Indahnya Memaafkan
Jangan ragu untuk minta maaf kalau kamu melakukan ksalahan pada teman kamu. Then,berusahalah memperbaiki kesalahan itu. Begitu juga sebaliknya, berikanlah maaf dan lupakan kesalahan teman jika ia bersalah.



2 komentar

  1. Anonim // 6 Maret 2009 pukul 18.18  

    Oke deh.. Sip dah..!!!

  2. Yanuar Catur // 13 Maret 2009 pukul 07.34  

    inilah yang seharusnya diperhatikan
    agar pertemanan tetap terjaga meskipun ada konflik yang menghadangnya
    keep share brooo