CO.CC:Free Domain

Tradisi Hari Raya Imlek

Diposting oleh Yora | 20.16 | | 3 komentar »

Gak terasa hari raya imlek sudah hampir kita peringati. Sebelumnya, saya ucapkan selamat hari raya imlek bagi yang merayakannya. Berbagai pernak pernik imlek mulai di serbu sebagian orang di pusat-pusat perbelanjaan. Tapi ternyata hari yang dinantikan oleh kaum tionghoa(bener gitu kan tulisannya?? hehehe :) )memiliki berbagai macam tradisi dalam perayaannya. Tradisi tersebut antara lain sebagai berikut.

Tradisi Persiapan Untuk Hari Raya Imlek
Membersihkan tempat usaha serta tempat tinggal seminggu sebelum hari imlek tiba. Tradisi ini menandakan menghilangkan semua yang lama dan menyambut sesuatu yang baru. Tradisi yang ada percaya bahwa pada hari imlek, sebaiknya tidak melakukan bersih-bersih karena dapat menghilangkan rejeki baru yang datang.
Rumah dihias dengan bunga-bunga segar dan pohon kecil yang menandakan keberuntungan.
Menggantungkan hiasan-hiasan kertas yang bertuliskan puisi-puisi keberuntungan di dinding. Umumnya hiasan tulisan tersebut digantungkan berpasangan menggunakan kertas berwarna merah. Ini melambangkan harapan yang baik untuk kebahagiaan, kesehatan dan lainnya.
Menyediakan sepiring jeruk di tengah meja yang menandakan keberuntungan. Biasanya jeruk disusun berbentuk pyramid. Selain jeruk, juga bisa digunakan apel merah yang memiliki arti yang sama.
Membeli baju baru dan menggunting rambut. Ini dipercaya akan membawa keberuntungan untuk satu tahun ke depan.
Membayar lunas seluruh hutang yang ada.

Malam Menjelang Hari Raya Imlek
Semua keluarga berkumpul bersama menikmati makan malam besar bersama dengan menu dan makanan yang spesial. Anak-anak dibiarkan bermain hingga larut malam. Karena dipercaya semakin malam anak bermain, semakin panjang umur bagi orang tuanya. Bermain kembang api untuk mengusir hawa buruk. Menyambut dan mengundang Dewa dapur ke rumah dengan menyalakan kembang api. Memberikan Ang Pao atau amplop merah berisi uang. Ini dipercaya dapat membuat anak-anak tidak cepat menjadi tua. Mengunjungi tempat ibadah untuk berdoa, baik kepada leluhur maupun untuk kedamaian, kebahagiaan serta keberuntungan di tahun baru. Mengirimkan kartu ucapan tahun baru kepada teman-teman dan keluarga.

Di Hari Raya Imlek
Membuka seluruh pintu dan jendela. Hati-hati dengan ucapan serta tindakan anda. Ucapkan kata dan berbuat tindakan yang baik. Karena dipercaya, apa saja yang terjadi di hari raya imlek akan menentukan keberuntungan keluarga selama setahun mendatang. Memakai baju baru.
Tidak di cuci karena dipercaya keberuntungan dapat tercuci habis. Mengunjungi keluarga dan teman dengan membawa hadiah, berupa tanaman, bunga atau makanan. Berusaha untuk tidak memecahkan sesuatu, karena membawa nasib kurang baik. Menikmati makanan spesial di hari raya imlek. Di hari spesial ini, umumnya masyarakat China menikmati makanan yang disebut 8 jenis nasi berharga. Makanan ini dibuat dari beras ketan yang mewakili permata. Makanan yang disantap di hari imlek ini umumnya memiliki arti-arti khusus.

Tradisi 15 Hari Perayaan Hari Raya Imlek. Hari 1
Hari penyambutan Dewa Langit dan Tanah. Banyak yang berpantang makanan daging di hari ini karena dipercaya dapat menambah umur kebahagiaan.

Hari 2
Hari untuk berdoa kepada Tuhan dan leluhur. Pada hari ini orang-orang sangat baik terhadap anjing dan memberi makanan yang baik kepada anjing, karena dipercaya hari kedua adalah hari ulang tahun-nya anjing.

Hari 3&4
Kedua hari ini adalah hari penghormatan kepada mertua.

Hari 5
Hari ini orang-orang berdiam dirumah untuk menyambut Dewa Kekayaan. Tidak ada yang berkungjung ke rumah saudara ataupun teman karena dipercaya dapat membawa ketidakberuntungan kepada dua belah pihak.

Hari 6

Orang-orang dapat mengungjungi saudara dan teman-teman secara bebas. Mereka juga mengungjungi tempat-tempat ibadah untuk kedamaian.

Hari 7

Hari ara petani menunjukkan hasil panennya. Para petani tersebut membuat minuman dari 7 macam sayuran/tumbuhan untuk merayakan upacara ini. Hari ke 7 juga dipercaya sebagai hari ulang tahun manusia. Oleh sebab itu orang-orang memakan mie untuk mendapatkan umur panjang.

Hari 8
Orang-orang Fujian mengadakan reuni keluarga lagi dan pada malam harinya melakukan penghormatan atau berdoa kepada Dewa Langit.

Hari 9
Orang-orang melakukan persembahan kepada Kaisar Giok.

Hari 10-12 Hari dimana saudara dan teman-teman harus diundang untuk makan malam.

Hari 13
Setelah makan makanan yang banyak dan padat pada hari sebelumnya, hari ini orang-orang memakan bubur untuk membersihkan pencernaan tubuh.

Hari 14
Hari untuk persiapan festival Lentera atau Cap Go Meh.

Hari 15
Hari festival Lentera yang meriah.


Tradisi Membersihkan Rumah
Seluruh rumah harus dibersihkan sebelum imlek tiba. Di malam sebelum imlek, semua sapu, sikat, penghisap debu dan alat-alat pembersih lainnya harus disimpan. Tradisi membersihkan rumah jangan dilakukan pada hari imlek untuk menhindari keberuntungan tersapu pergi. Setelah hari imlek lewat, lantai harus dibersihkan. Sampah yang ada dikumpulkan.

Berdasarkan kepercayaan yang ada, menyapu sampah melewati ambang pintu akan menandakan menyapu salah satu anggota keluarga. Sedangkan menyapu sampah melalui pintu utama akan menandakan membuang keberuntungan keluarga.

Tradisi Perilaku Yang Baik

Semua hutang harus dilunasi sebelum hari imlek tiba dan tidak boleh meminjam di hari tersebut.

Selain itu, hati-hatilah dalam mengunakan kata-kata. Pakailah kata-kata yang baik. Hindari kata-kata atau cerita yang kurang baik. Pembicaraan mengenai masa lalu dihindarkan dengan membicarakan rencana ke depan di tahun yang baru.

Kepercayaan yang ada, bila anda menangis di hari imlek, maka anda akan menangis sepanjang tahun tersebut. Maka bagi anak yang nakan di hari itu didak diberi hukuman.



Tradisi Rapi dan Bersih
Di hari imlek, dipercaya untuk tidak mencuci rambut yang menandakan dapat mencuci semua keberuntungan di tahun baru. Baju berwarna merah sangat disarankan untuk merayakan hari raya imlek karena merah menandakan warna terang, warna ceria, serta keyakinan membawa masa depan yang ceria dan terang. Segala perilaku dan tindakan selama hari imlek sangan menentukan tindakan kita untuk satu tahun lamanya.
Untuk anak-anak dan kerabat dekat yang belum menikah, akan diberikan Ang Pao yang berisikan sejumlah uang yang menandakan keberuntunga.

Kepercayaan Lainnya…
Kepercayaan lainnya masih banyak lagi berlaku di hari imlek, seperti kepercayaan menemui orang pertama dan mendengar kata pertama akan sangat berpengaruh dengan keberuntungan di tahun tersebut.

Dianggap akan mendatangkan ketidakberuntungan apabila menyapa orang saat masih di kamar tidur. Maka dari itu, walaupun tuan rumah sedang sakit, disarankan untuk berpakaikan dan duduk di ruang tamu.

Semua ini adalah tradisi yang berlaku di hari raya imlek. Namun, masyarakat sudah kurang mempercayai bahkan tidak percaya sama sekali dengan tradisi tersebut sekarang. Karena gaya hidup dan berubah dan asimilasi budaya lainnya, banyak masyarakat yang sudah tidak menjalankan tradisi tersebut. Tetapi masih ada juga yang menjalankan semuanya dan ada juga yang menjalankan beberapa kepercayaan saja. Ada baiknya kita tetap menjalankan tradisi dan kepercayaan ini semampu kita, karena ini adalah sebuah identitas bagi generasi penerus selanjutnya.

(Sumber : WWW.indocina.net)

3 komentar

  1. Anonim // 24 Januari 2009 pukul 10.36  

    hari yang di tunggu² kelilinggg minta angpaoooo

  2. Yora // 28 Januari 2009 pukul 00.27  

    ok, N`tar aku temenin ya..., Tapi kalau kamu dapet banyak bagi-bagi ke aku ya... Hehehehee

  3. Anonim // 25 Februari 2009 pukul 03.12  

    Asyik nie imlekan ! angpao nya dong :D dah lewat kale hari raya imlek iya kan.